Results 1 to 10 of 10
Like Tree1Likes
  • 1 Post By pamash

Thread: Teka-teki akuntansi&matematika berhadiah emblem premium

  1. #1
    Rookie pamash's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    113

    Teka-teki akuntansi&matematika berhadiah emblem premium

    selamat malam menjelang pagi agan2.setelah sebelumnya ane mengadakan tebak-tebakan berhadiah jersey,kali ini ane mau ngasih teka-teki tentang akuntansi&matematika di karenakan ane kuliah jurusan akuntansi dan ane memang senang kalo yg namanya hitungan.apalagi kalo ngitung duit gan .soal kali ini ane sendiri yg buat membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam membuat soal ini .jadi kalo ada agan2 mau nyari di google tentang soal ini,cari aja pasti ga bakal ketemu soal yg seperti ini karena soal ini ane buat sendiri

    karena teka-teki lumayan sulit hadiah pun tidak kalah jauh dong .dan inilah hadiah dari teka-teki ini Teka-teki akuntansi&matematika berhadiah emblem premium-bn.jpg

    ane mau ngasih sedikit kata-kata yg ane pake di soal ini karena barang kali ada yg jago ngitung tp kurang mengerti bahasa dari soal ane

    HARGA POKOK PEMBELIAN = HARGA SI PEDAGANG MEMBELI BARANG TERSEBUT DI PABRIK
    HARGA PENJUALAN = HARGA SI PEDAGANG MENJUAL BARANG TERSEBUT KEPADA KONSUMEN
    LABA = KEUNTUNGAN



    KETENTUAN (HARAP DI BACA)
    1. 1 ID hanya boleh menjawab 1x jadi sebelum agan mengirimkan jawaban bagusnya di cek dulu apakah sudah yakin dengan jawaban tersebut.karena dilarang EDIT jika jawaban sudah di kirim.kalo ketawan bakal diskualifikasi
    2. jawaban yg paling benar,lengkap, dan cepat itulah pemenangnya
    3. siapa tau ada yg hanya iseng asal nebak angka dan itu benar(walaupun kecil kemungkinannya ),itu pun tidak di anggap jawaban yg benar.jawaban yg ane butuhkan adalah lengkap dengan sistemasinya dari harga penjualan.seperti ini :
    *HPP kalkulator = ...... dan Harga penjualan kalkulator = .....
    *HPP kursi = ..... dan Harga penjualan kursi = .....
    *HPP meja = ...... dan harga penjualan meja = .....
    jadi kita bisa menghargai orang lain yg sudah cape2 menghitung kan .kan kasian kalo udah ada org yg cape2 menghitung dan jawabannya itu benar tetapi kalah cepat dengan orang lain yg asal menebak Harga tersebut dan ternyata jawaban asal tebaknya itu pun benar .
    4.Jawaban dan Pemenang akan ane umumkan pada tanggal 7 jam 20.00 WIB.

    oke kita masuk ke cerita ya gan
    Pada suatu hari seorang pedagang membeli KALKULATOR,KURSI,DAN MEJA di pabriknya masing2 agar si pedagang bisa mendapat LABA ketika dia ingin menjual kembali barang2 tersebut.ternyata tidak lama kemudian ada seseorang yg ingin memborong barang tersebut.setelah dengan berbagai kesepakatan orang tersebut pun deal untuk membeli ketiga barang tersebut.ketika di jumlah ternyata total harga ketiga barang tersebut harus di bayar dengan 5 LEMBAR UANG RP 100.000..setelah itu pedagangpun membuka tas untuk mengambil kembalian.dan ternyata pedagang tersebut tidak memiliki kembalian.akhirnya 1 LEMBAR UANG RP 100.000 yg di bayarkan oleh si pembeli tersebut dia tukar ke indom*ret.dan pedagang itupun akhirnya memberikan kembalian kepada orang yg membeli ketiga barang tsb.tidak berapa lama petugas indom*ret pun datang ke pedagang dan menyatakan bahwa setelah di cek ternyata uang RP 100.000 yg dia tukarkan tadi adalah uang palsu.dengan sangat terpaksa pedagang tersebut pun memberikan uang RP 100.000 kepada petugas indomaret tersebut.

    PERTANYAAN : BERAPA HARGA POKOK PEMBELIAN KALKULATOR,MEJA, DAN KURSI ? (HARGA PADA SAAT SI PEDAGANG MEMBELINYA DI PABRIK)

    CLUE :
    1.PERBANDINGAN HARGA PENJUALAN KALKULATOR DAN MEJA ADALAH 2 :12
    2.HARGA PENJUALAN MEJA - HARGA PENJUALAN KALKULATOR = HARGA PENJUALAN KURSI
    3.PEDAGANG MENDERITA KERUGIAN RP 40.000
    4.PERBANDINGAN HARGA POKOK PEMBELIAN KALKULATOR,KURSI,DAN MEJA ADALAH 1:5:6


    karena ane baik ane bantu cara mencari jawabannya

    1.Agan pertama-tama harus memperkirakan dulu kira-kira total harga kalkulator,meja, dan kursi berapa.bagaimana caranya ? lihat saja berapa lembar uang RP 100.000 yg di bayarkan.dengan begitu agan pasti tau kira2 total harga penjualan kalkulator,meja, dan kursi itu berapa.(kalau harga ada di pantaran RP 110.000-RP 190.000 kita perlu berapa lembar uang RP100.000 ? pasti tau dong )

    2.setelah tau kira2 total harga penjualan ketiga barang tsb ada di harga RP..... sampai RP.... , disinilah otak agan2 harus bekerja lebih keras dengan memikirkan perbandingannya.karena ada banyak kemungkinan harganya tapi percayalah SEMUA ANGKA DISINI BULAT.GA ADA ANGKA SEPERTI RP 25,353 ATAU RP 78,298.tenang aja .(misal anda memperkirakan harga kalkulator RP 5000.lihat kembali ke CLUE.perbandingan harga jual kalkulator dan meja adalah 2:12.otomatis jika RP 5000 disini adalah sebagai perbandingan angka 1 ,maka perbandingan untuk angka 2 adalah RP 10.000 betul ? kan 5000 X 2 .nah berarti 12 nya adalah RP 60.000 betul ? kan 5000 X 12 . (gampangnya gini aja.kalo beli 1 telur 5.000,beli 2 telur berapa ? 10.000 kan ? nah kalo 12 telur 60.000 kan ? gitu aja).nah setelah agan memiliki perkiraan harga kalkulator dan meja,tinggal di kurangin deh(lihat kembali ke clue) HARGA JUAL MEJA-HARGA JUAL KALKULATOR = HARGA JUAL KURSI.berarti RP 60.000 - RP 10.000 = RP 50.000 WAH DAPET NIH HARGA JUAL KURSINYA RP 50.000 .ini hanya permisalan ya gan supaya agan tau bagaimana cara mencari HARGA JUAL MASING2 BARANG .

    3.kalo agan2 sudah menemukan harga jual masing2 barang tsb,otomatis agan juga tau kan total penjualannya berapa ? nah tinggal lihat kembali ke CLUE disitu di jelaskan bahwa "SETELAH MENGGANTI UANG RP 100.000 YG PALSU KEPADA PETUGAS INDOM*RET,SI PEDAGANG TERNYATA MENDERITA KERUGIAN RP 40.000".skrg tinggal agan pikirin aja setelah pedagang mengganti uang palsu RP 100.000 ,pedagang tersebut menderita KERUGIAN RP 40.000 berarti keuntungannya sebelum mengganti RP 100.000 tadi berapa hayo ? pasti pada tau dong .nah KEUNTUNGANNYA tersebut agan KURANGIN DENGAN TOTAL HARGA PENJUALAN 3 BARANG TADI DAN ITU ADALAH TOTAL HARGA POKOK PEMBELIAN(HARGA PEDAGANG MEMBELI KETIGA BARANG TERSEBUT DI PABRIK)

    4.setelah dapat TOTAL HARGA POKOK PEMBELIAN (TOTAL HARGA POKOK PEMBELIAN YAH BUKAN TOTAL HARGA PENJUALAN.KALO TOTAL HARGA POKOK PEMBELIAN ITU TOTAL HARGA PADA SAAT SI PEDAGANG MEMBELI KE 3 BARANG TADI DI PABRIK.KALO TOTAL HARGA PENJUALAN ADALAH TOTAL HARGA PADA SAAT PEDAGANG MENJUAL BARANG KE KONSUMEN )disini logika perbandingan lagi yg bermain.tapi ini udah mau finishing loh .lihat lagi ke CLUE
    .disitu dijelaskan PERBANDINGAN HARGA POKOK PEMBELIAN KALKULATOR,KURSI, DAN MEJA ADALAH 1:5:6.(sama seperti tadi yg sudah ane jelaskan.MISALNYA agan mendapat total harga pokok pembelian RP 96.000.nah agan kira2 dulu nih mau menggunakan angka berapa sebagai PERBANDINGAN 1.misalnya RP 6.000 deh.kalo perbandingan 1 itu RP 6.000,berarti PERBANDINGAN 5 adalah RP 30.000 betul ? dan PERBANDINGAN 6 adalah RP 36.000 betul ? nah agan total tuh. 6.000 + 30.000 + 36.000 = 72.000.WAH KEKECILAN JUMLAHNYA .harusnya kan 96.000.berarti perbandingan agan salah/terlalu kecil .coba PERBANDINGAN 1 nya di gedein ah jadi 8000.kalo perbandingan 1 itu 8.000,berarti PERBANDINGAN 5 adalah 40.000 betul ? dan PERBANDINGAN 6 adalah 48.000 betul ? jumlahin ah 8.000 + 40.000 + 48.000 = 96.000.WAH TERNYATA BENER .nah itu hanya permisalan untuk mempermudahkan agan2 dalam mengerjakan soal )

    Mungkin itu saja cara pengerjaan yg bisa ane share.semoga agan2 disini bisa menjawab soal dengan benar dan jangan lupa TELITI MEMBACA CERITA, CLUE & CARA PENGERJAAN YG ANE BANTU YA

    Jika ada agan2 yg membutuhkan bantuan ane dalam pengerjaan teka-teki ini,ane siap membantu tapi hanya di bagian2 tertentu yg ane bisa bantu.karena misalnya agan bertanya "GAN HARGA PENJUALAN KALKULATOR RP 13.000 BUKAN ?" ane gak akan jawab .karena itu sama aja ane ngasih jawabannya .karena jika ane ngasih tau harga penjualan kalkulator,otomatis agan juga bakal tau harga penjualan kursi dan meja dong hanya dengan menggunakan konsep perbandingan .Selamat berjuang dan semoga berhasil.EMBLEM PREMIUM SUDAH MENUNGGU DI LOBBY TUH :P


    -------------UPDATE--------------

    Pertama-tama ane mau mengucapkan terima kasih yg sudah mau menjawab teka-teki ini walaupun cuma ada 1 jawaban .disini memang banyak kemungkinan jawaban yg bener, tapi yg ane tetapkan sebagai pemenang adalah yg jawabannya sama persis seperti hitungan ane.dan mohon maaf untuk kali ini belum ada pemenangnya .karena inilah jawaban berdasarkan perhitungan ane :

    HPP KALKULATOR = 36.000........PENJUALAN KALKULATOR = 41.000
    HPP KURSI = 180.000................PENJUALAN KURSI = 205.000
    HPP MEJA = 216.000.................PENJUALAN MEJA = 246.000
    TOTAL HPP = 432.000...............TOTAL PENJUALAN = 492.000

    492.000-432.000 = 60.000 (LABA SEBELUM MENGGANTI UANG PALSU SEBESAR 100RB )
    KARENA HARGA 492.000 = MAKA DI BAYARLAH DENGAN 5 LEMBAR UANG 100RB

    karena harapan ane bakal banyak yg jawab pertanyaan ini,jadi ntar kan pada bertanya-tanya "loh kok jawaban yg laen pada masuk akal dan benar semua ya".kan biar deg2an tuh jawaban yg sesuai sama jawabannya ts yg mana ya ? disinilah letak serunya supaya pada deg2an karena dari sekian banyak versi jawaban yg bener, jawaban yg sama seperti ts lah pemenangnya.eh taunya cuma 1 orang yg jawab wkwkwk

    tunggu teka-teki berhadiah dari ane di episode selanjutnya
    Last edited by pamash; 08-07-2013 at 03:50 PM.
    AuroraXXI likes this.
    >>>Check this out for my Club<<<

    >>>>Season 3 - Level 3 <<<<

  2. #2
    Addicted apurnomo's Avatar
    Join Date
    May 2013
    Posts
    539
    Menarik nih .. itung2 ah..

    HPP kalkulator=30.000 ,dijual=35.000
    HPP kursi=150.000 ,dijual=175.000
    HPP meja=180.000 ,dijual=210.000

    ************************************************** *****************************************
    ======ARSENAL F.C.======
    Victoria Concordia Crescit

  3. #3
    Addicted apurnomo's Avatar
    Join Date
    May 2013
    Posts
    539
    Kalo duit asli enak kali ya ngitungnya ,karna ga ada aslinya ya asal2 ngitung aja deh jadinya

    ************************************************** *****************************************
    ======ARSENAL F.C.======
    Victoria Concordia Crescit

  4. #4
    Indonesian Forum Moderator marikitacaritoken's Avatar
    Join Date
    Apr 2013
    Location
    Somalia, Huambo, Angola, Angola
    Posts
    834
    ampun..... angkat tangan ane

    ane lemah di itung2an....

  5. #5
    Famous johnny token's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    TEFMI
    Posts
    1,025
    lewat, bawah ane aja yg jawab. wkwkkw

  6. #6
    Famous Mister Q's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    1,005
    Matematika ane ga pernah 6.. jadi nyerah aje... biar yang lain yang jawab...
    NOW GOT BORED WITH THIS GAME

  7. #7
    Addicted apurnomo's Avatar
    Join Date
    May 2013
    Posts
    539
    Karena ga ada lagi yg jawab,maka benar/salah emblemnya buat ane mana nih ts?

    ************************************************** *****************************************
    ======ARSENAL F.C.======
    Victoria Concordia Crescit

  8. #8
    Rookie pamash's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    113
    Quote Originally Posted by apurnomo View Post
    Karena ga ada lagi yg jawab,maka benar/salah emblemnya buat ane mana nih ts?
    emg yakin tuh jawaban pasti bener ?

    kan jam 7 nanti malem ane baru post jawabannya
    >>>Check this out for my Club<<<

    >>>>Season 3 - Level 3 <<<<

  9. #9
    Banned
    Join Date
    Feb 2013
    Location
    Jawa
    Posts
    897
    dibeli 40rb, 200rb, 240rb
    hpp:35rb, 175rb, 210rb

  10. #10
    Banned
    Join Date
    Feb 2013
    Location
    Jawa
    Posts
    897
    x+5x+6x<500000
    6x-x=5x
    300000<cash flow<400000
    400000<penjualan<500000
    => 400000<12x<500000
    33000an<x<41000an

    lain kali clue nya jgn kepanjangan n yg lengkap infonya ya gan..

    case closed..
    Last edited by jey2208; 08-08-2013 at 04:29 PM.